7 Jenis besi yang menjadi favorit tukang bangunan

7 Jenis besi yang menjadi favorit tukang bangunan

Logam besi merupakan salah satu dari sekian banyak jenis logam paling banyak digunakan manusia sejak jaman dahulu. Peralatan logam besi dahulu kala dibuat dengan metode kuno, yaitu biji besi dilebur dengan cara dibakar dan kemudian didinginkan, untuk ditempa kembali agar dapat dibentuk menjadi sebuah peralatan besi seperti pedang, parang, cangkul dan lain sebagainya.

Walaupun dengan metode kuno seperti ini, nenek moyang kita telah mampu membuat berbagai peralatan logam besi yang bermanfaat dan telah terbukti mampu mendukung pekerjaan manusia dalam kesehariannya, sekalipun kualitasnya sudah jauh tertinggal dengan jaman sekarang namun di jaman itu metode ini merupakan metode paling maju.

Jenis produk logam besi jaman dahulu umumnya berbentuk cangkul, alat pembajak sawah, berbagai model pedang, parang-parang an, tungku untuk memasak, dan lain sebagainya. Tetapi kalau sekarang jenis logam besi sudah banyak sekali, dengan fungsi lebih maju dari hanya sekedar cangkul, kualitas dan tingkat daya tahannya terhadap korosi pun sudah jauh lebih handal.

Any way bicara soal tukang besi, kalau menurut kamus kata yang kami lihat dan pelajari di salah satu situs kamus online kbbi.web.id tentang "tukang", disana terdapat penjelasan tentang arti kata tukang, seperti di bawah ini :
Arti 1, tukang adalah orang yang mempunyai kepandaian dalam suatu pekerjaan tangan (dengan alat atau bahan yang tertentu) contoh batu, besi, kayu.
Arti 2, tukang adalah orang yang pekerjaannya membuat (menjual, memperbaiki, dan sebagainya) sesuatu yang tentu seperti daging sayur, susu, arloji, pedati (gerobak, becak).
Arti 3, tukang adalah orang yang pekerjaannya melakukan sesuatu secara tetap: -- pangkas (cukur), las, jahit, masak, cetak
Arti 4, tukang adalah orang yang biasa suka melakukan sesuatu (yang kurang baik) seperti mabuk, serobot, copet, tadah, catut
Arti 5, tukang adalah cak ahli (untuk mencemoohkan),menciptakan sajak,pidato.
Nah, tukang yang kami maksudkan pada artikel ini adalah tukang dalam arti kata No 1 yaitu orang yang mempunyai kepandaian dalam suatu pekerjaan tangan dengan alat atau bahan tertentu seperti besi.

Dari pengamatan yang kami lakukan terkait produk - produk logam besi yang ada di marketplace, kami mencoba melihat produk besi apa saja (tipe seperti apa) yang paling favorit digunakan oleh "tukang", ternyata kami menemukan ada 7 jenis logam besi yang paling umum digunakan untuk pekerjaan konstruksi saat ini.

Berikut ini adalah 7 jenis besi paling favorit digunakan oleh tukang - tukang bangunan, atau yang paling banyak dibutuhkan dalam dunia konstruksi :

Berbagai jenis besi
1. Paku
Siapa sih yang tidak mengenal benda yang satu ini? Paku adalah produk logam besi yang paling banyak digunakan dari semua jenis logam besi yang ada. Penggunaan paku dapat kita lihat dari pekerjaan-pekerjaan pembangunan, sebagai contoh pembangunan pos satpam perumahan, pasti butuh paku, pembangunan rumah pasti butuh paku, pembangunan tower pencakar langit pasti butuh paku.

Apalagi ? pembangunan jembatan pasti butuh paku, konstruksi masjid pasti butuh paku juga, pembuatan kos-kos an wajib butuh paku, hampir semua jenis konstruksi membutuhkan paku.

Jadi wajar kalau paku merupakan logam besi paling favorit digunakan untuk pekerjaan konstruksi saat ini, untuk mengenal lebih detail lagi tentang paku, jenis paku, harga paku silahkan baca artikel berikut ini Mengenal lebih detail 4 jenis paku di dunia konstruksi.

2. Besi Profil H-Beam
Menurut pengamatan kami H-Beam termasuk dalam salah satu jenis besi yang paling favorit digunakan pada bidang konstruksi. Dari jumlah kebutuhan yang ada di market, H-Beam tergolong sebagai produk besi yang memiliki karakteristik kuat, kokoh, dan fungsinya sebagai core/tulang inti bangunan baja, khususnya untuk bangunan - bangunan yang sifatnya "steel construction". H-Beam juga dapat digunakan sebagai rek kereta api.

Lebih detail tentang harga dan spesifikasi H-beam silahkan baca selengkapnya disini Harga H-Beam terbaru.

3. Besi Profil Plat
Besi Plat sangat umum digunakan di dunia konstruksi, besi yang berbentuk datar tipis dapat digunakan sebagai alas di jalan lumpur untuk crane atau excavator agar bisa lewat. Sementara sungsi yang lain plat banyak digunakan untuk pembuatan dinding besi, pembuatan tangki minyak dan lain sebagainya.

Ingin mengenal lebih dalam tentang plat selengkapnya baca disini Harga dan spesifikasi plat hitam dan plat kapal.

4. Besi Ulir/Besi Beton
besi ulir atau besi beton merupakan salah satu kategori jenis besi yang juga paling banyak digunakan oleh tukang, bangunan hampir semuanya membutuhkan besi beton sebagai rangka untuk pembuatan tiang beton. Semen cair (Concrete) digabung dengan besi beton akan menghasilkan tiang konnkrit yang kuat dan kokoh.

Pelajari selengkapnya disini tentang Harga dan informasi seputar besi beton atau besi ulir.

5. Pipa Stainless
Rata-rata bangunan membutuhkan pipa sebagai alat untuk membuat saluran aliran air atau berbagai jenis fluida. Pipa stainless menjadi favorit karena kekuatan dan ketahanan nya terhadap karat atau korosi, sehingga pipa besi jenis ini banyak digukanakan oleh tukang. Hanya saja harganya mahal sekali.

Berkunjung kesini untuk mengetahui lebih detail tentang Pipa Stainless.

6. Kawat Duri/Razor Wire
Besi kawat yakni kawat duri merupakan salah satu material besi yang sering digunakan sebagai alat untuk menjaga properti atau aset dari gangguan dunia luar. Kawat duri umumnya favorit digunakan pada bangunan-bangunan fasilitas umum, fasilitas khusus, perumahan mewah. Kalau rumahnya mewah, biasanya rumah itu dikelilingi tembok dan di atas tembok dipasangi razor wire untuk menghindari tamu tak diundang masuk ke rumah.

Gak percaya, silahkan lihat-lihat tentang apa yang kami tulis tentang Kawat duri/razor wire.

7. Besi CNP
Bangunan yang memiliki profil berbentuk seperti abjad C, besi CNP memiliki fungsi yang lumayan banyak khususnya untuk pembangunan atap bangunan.

Baca selengkapnya harga dan spesifikasi besi CNP.

                                                                                                                                                                          
Jenis bangunan yang biasa menggunakan jenis-jenis besi di atas adalah jenis bangunan sipil kering.
yakni jenis bangunan yang berada di tempat kering seperti rumah, gedung perkantoran,ruko, gedung pabrik, gudang pabrik, jalan tol, gereja, mesjid, bandara dan lain sebagainya.
                                                                                                                                                                          

Terdapat ratusan jenis produk logam besi yang ada di pasaran yang digunakan untuk kebutuhan - kebutuhan konstruksi. Hanya saja tidak semua jenis konstruksi menggunakannya karena mungkin bentuk dan fungsinya yang berbeda-beda, konstruksi bangunan di pinggir pantai tentu membutuhkan jenis besi yang berbeda dengan bangunan yang berada di daerah pegunungan.

Out Of The Topic

Selain mengerjakan pekerjaan konstruksi yang sifatnya kaku atau teknik, para tukang-tukang bangunan juga tidak mau kalah dengan para seniman untuk menciptakan karya seni yang bernilai tinggi yang terbuat dari besi.

Seperti salah satu karya seni yang diciptakan oleh para tukang seniman ini adalah karya seni yang terbuat dari paku, menggambar wajah manusia dengan cukup menggunakan paku sebagai bahan utamanya, silahkan lihat disini : melukis wajah dengan menggunakan paku pada bagian bawah artikel tersebut.

Selain karya seni, para tukang - tukang yang bekerja di bengkel las terkadang dalam waktu luangnya mereka membuat berbagai produk kerajinan tangan yang terbuat dari besi seperti di bawah ini :

1. Engsel Pintu

Engsel pintu seperti gambar di atas sudah sangat sering kita lihat dan kita gunakan pada pintu rumah, jendela. Kerajinan membuat engsel pintu seperti ini pun sering digeluti oleh para tukang las :)

2. Engsel Cabut

Engsel cabutini biasanya digunakan pada engsel pintu yang berbobot berat, juga pada jendela berbobot berat.

3. Gagang Kaca Spion Truk

Tukang juga sering iseng membuat gagang kaca spion truk, sebagai cara untuk mencari tambahan pemasukan hehe..

4. Ornamen Teralis

Ornamen teralis dibuat lebih bervariasi untuk menjaga nilai artistik nya tetap terjaga.

5. Roda Besi Untuk Perabot

Roda besi untuk lemari atau kereta dorong kayu, seperti contoh gambar di atas.

6. Roda Besi Lemari

Lemari yang berbobot berat biasanya terbuat dari besi menggunakan roda besi untuk memudahkan pemindahan nya, sekalipun sebenarnya banyak alat untuk memindahkan benda berbobot berat seperti Penggunaan chain blok di industri-industri.

7. Roda Besi Pagar

Pagar rumah besi menggunakan roda besi, umumnya untuk rumah berpagar besar, kalau rumah tinggal di gang kayanya gak mungkin pake roda gini yah.

8. Penyambung Pipa besi

Dengan alat penyambung pipa besi seperti di atas, maka pipa besi dapat disambungkan dengan aman karena menggunakan drat, sehingga hal ini dapat menghindari kebocoran.
7 Jenis besi yang menjadi favorit tukang bangunan
4/ 5
Oleh
Add Comments