Mengenal lebih detail 4 jenis paku di dunia konstruksi

Mengenal lebih detail 4 jenis paku di dunia konstruksi

Pada postingan ini kami akan mencoba membahas tentang jenis-jenis dan harga paku yang umum digunakan di lingkungan sekitar kita. Paku merupakan material yang terbuat dari besi, sangat banyak kebutuhan di dunia konstruksi. Dilihat dari ukuran dan bentuknya, paku berukuran kecil berbentuk batang runcing biasa. Tidak ada yang spesial kalau dari bentuk, tapi jangan salah fungsi dan manfaatnya banyak sekali.

Namun jika bicara fungsi dan manfaat paku, benda kecil ini memiliki sangat banyak sekali manfaatnya. Hampir semua jenis konstruksi membutuhkan paku sebagai alat bantu proses konstruksi, pembangunan apapun seperti rumah, hotel, apartemen, gedung pencakar langit, jembatan besi, jembatan kayu, dan bangunan jenis lain semuanya pasti menggunakan paku.

Paku punya ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya, namun dari sisi bentuk tidak beda-beda jauh. Perbedaan paku dapat kita lihat dari bahan material paku, ada yang terbuat dari besi biasa ada juga dari besi baja sementara jaman dulu paku dibuat dari kayu.

Biasanya paku yang terbuat dari besi biasa digunakan untuk memaku kayu, triplek, papan, sementara yang terbuat dari besi baja umumnya digunakan untuk dinding beton, atau benda yang lebih keras dari papan.

Ilustrasi Gambar Paku :

1. Paku Beton Putih
Ilustrasi paku beton putih dapat anda lihat pada gambar di no. 1 di bawah ini, gambar paku baja beton putih dibuat dari besi baja berkekuatan tinggi, dengan tujuan agar paku ini bisa menembus semen "concrete" atau dinding beton yang keras. Paku beton ini paling banyak digunakan untuk keperluan pemakuan pada dinding beton sekalipun bisa digunakan pada kebutuhan lain.

Paku Beton Putih
Paku Beton Putih
Kalau bicara harga, paku beton ini dihargai lebih mahal dibanding paku kayu atau paku lainya, karena kualitas nya yang lebih kuat dibandingkan paku lain.

2. Paku Beton Hitam
Ilustrasi pada gambar ke dua adalah Paku Baja Hitam, paku ini memiliki kekuatan yang hampir sama dengan paku baja putih di atas. Perbedaannya adalah dari sisi penggunaan, kalau paku baja putih umumnya digunakan untuk keperluan membuat gantungan di dinding atau sebagai pengait kawat, kalau paku di bawah ini umumnya digunakan sebagai paku untuk pengait kabel.

Paku Beton Hitam
Paku Beton Black
Pernah melihat pengait kabel yang ada di dinding gak? pengikat kabel yang berwarna putih, terbuat dari plastik. Agar plastik pengikat kabel tersebut bisa menempel di dinding beton tentu harus dipaku, kalau menggunakan lem pasti gak akan kuat. Untuk mengatasi hal ini maka digunakan paku baja hitam yang bisa menembus dinding beton. Berikut di bawah ini gambar paku baja hitam:
Semoga gambar di atas dapat memberikan ilustrasi yang bermanfaat bagi anda yang sedang mencari paku. Manatau lagi di suruh beli paku beton hitam, jangan lupa yah, gambarnya seperti yang di atas. 

3. Paku Kayu
Ilustrasi paku yang ketiga untuk menjelaskan tentang paku kayu tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, paku yang paling banyak dan paling sering digunakan adalah paku kayu. Paku kayu sudah menjadi satu kebutuhan pokok dalam dunia konstruksi, mau konstruksi apapun itu coba anda cek di lokasi, ada paku kayu gak ? saya pastikan ada.

Fungsi paku kayu sangat banyak sekali, untuk memaku papan, triplek, kayu balok dan kebutuhan pemakuan material kayu jenis lain, hampir semuanya menggunakan paku jenis ini. Memang kalau kita bicara tentang kekuatan atau daya tembus paku ini masih kalah dengan kedua paku di atas.

Paku Kayu
Paku Kayu
Akan tetapi di dunia rekayasa atau dunia engineering, ada slogan yang mengatakan "Kalau bisa pakau material dengan kekuatan sedang dan harga lebih murah, ngapain harus pakai material yang berkekuatan tinggi dengan harga yang mahal", dengan kata lain Kalau bisa pake paku kayu, kenapa harus paku beton :).

4. Paku Payung
Paku ke empat ini adalah paku payung, paku yang berbentuk seperti payung, runcing dibawah di atas ada payung nya. Payung tujuannya adalah untuk menghindari basah apabila kita sedang berjalan dibawah hujan. Paku payung ini juga punya prinsip yang sama dengan payung.

Paku Payung
Paku Payung
Paku payung digunakan untuk memaku seng yang konturnya bergelombang, kalau seng atap rumah dipaku dengan menggunakan paku biasa maka resiko bocornya atap rumah akan tinggi, karena lubang yang dihasilkan paku tersebut tidak tertupi, sehingga beresiko masuknya air. Untuk mengatasi hal itu, maka para engineer membuat paku payung seperti gambar di bawah ini, sehingga rongga yang dihasilkan oleh paku ini dapat terpayungi oleh payung paku, jadi air hujan tidak merembes ke dalam.

Perkiraan harga paku kayu :
  • Paku kayu 2 cm : Rp 18.500 per Kg
  • Paku kayu 2,5 cm : Rp 17.500 per Kg
  • Paku kayu 3 cm : Rp 16.500 per Kg
  • Paku kayu 4 cm : Rp 15.500 per Kg
  • Paku kayu 5 cm : Rp 14.500 per Kg
  • Paku kayu 7 cm : Rp 14.500 per Kg
  • Paku kayu 10 cm : Rp 14.500 per Kg
Perkiraan harga paku beton (putih) :
  • Paku beton 2,5 cm : Rp 34.500 per Kg
  • Paku beton 3 cm : Rp 34.500 per Kg
  • Paku beton 4 cm : Rp 34.500 per Kg
  • Paku beton 5 cm : Rp 34.500 per Kg
  • Paku beton 6 cm : Rp 32.500 per Kg
  • Paku beton 7 cm : Rp 32.500 per Kg
  • Paku beton 10 cm : Rp 32.500 per Kg
  • Paku beton 12.5 cm : Rp 32.500 per Kg
Perkiraan harga paku beton (hitam) :
  • Paku beton 3 cm : Rp 18.500 Kg
  • Paku beton 5 cm : Rp 17.500 Kg
  • Paku beton 7 cm : Rp 14.500 Kg
Perkiraan harga paku payung/paku seng :
  • Paku payung/seng 7 cm : Rp 25.000 per Kg
  • Paku payung/seng 10 cm : Rp 30.000 per Kg
For Intermesso:
Berdasarkan sumber yang kami dapat dari wikipedia disana disebutkan bahwa :
Ranjau paku adalah istilah untuk paku yang ditebar pelaku kejahatan di jalan dengan tujuan agar ban mobil atau sepeda motor yang melintas tertusuk paku tersebut sehingga mobil atau sepeda motor tersebut tidak bisa melanjutkan perjalanannya lagi.
Modus pelaku kejahatan tersebut antara lain agar kendaraan yang menjadi korban menambalkan ban-nya di penambal ban terdekat, atau untuk merampok kendaraan tersebut. Paku yang digunakan adalah paku biasa yang dibengkokkan agar mudah tertusuk ban.
Ranjau paku sering sekali diterbar di jalanan umum (lalu-lalang nya mobil dan sepeda motor), mengakibatkan polisi pun harus turun tangan untuk menjaga keamanan berkendara dengan memastikan jalanan bersih dari ranjau-ranjau paku.

Dibawah ini terdapat gambar ilustrasi tentang ranjau paku yang bertebaran dan metode yang digunakan polisi untuk pembersihan ranjau paku di jalan raya:

Pembersih Paku
Hasil yang diperoleh dari magnet yang menyisir jalanan, terlihat berbagai paku kawat dan benda - benda besi lainnya. Benda - benda inilah yang mampu membuat ban bocor dan jalanan menjadi tidak nyaman untuk dilalui.
Alat Pembersih Paku
Gambar di bawah ini menunjukkan contoh ban sepeda motor yang terkena paku di jalan raya, kalau dari gambar ini terlihat bahwa ranjau paku nya menembus ban, untung saja arah paku tidak ke dalam ban bagian dalam, kalau iya dipastikan ban ini akan kempes dan bocor. Hal seperti ini tentu saja sangat membahayakan bagi para pengendara di jalan.
Ban Kena Paku
Ranjau Paku digunakan untuk modus kejahatan dijalanan, hal ini tidak patut dicontoh, sebaiknya mari kita gunakan peralatan di rumah untuk sesuatu yang lebih baik, dan sesuatu yang tepat fungsi.

Video cara membuat paku :



Manfaat lain dari paku untuk keperluan sehari - hari :

1. Untuk Gantungan Kalender Dinding
Umumnya rumah di Indonesia masih menggunakan kalender dinding sebagai kalender rumah, walaupun ada kalender meja, tetap aja kalender dinding masih favorit. Perusahaan besar setiap tahun pasti akan membagi-bagikan kalender, baik yang dinding maupun yang di meja. Bank Nasional sering membagi-bagikan kalender ke Nasabah dan Debitur nya sebagai bagian dari kepedulian terhadap nasabah juga sebagai media promosi, contohnya Bank BNI, BRI, Mandiri.

Kalender dinding yang didapat biasanya akan di gantung di dinding, umumnya gantungannya menggunakan paku, kalau dinding kayu, yah..cukup pake paku kayu, tapi kalau dinding beton, harus pake paku beton, karna paku kayu sudah pasti bengkok.

2. Untuk Gantungan Kawat Jemuran
Model gantungan kawat jemuran jaman sekarang mungkin sudah sedikit yah, tapi untuk informasi saja, kalau di desa atau perkampungan yang tidak terlalu banyak produk gantungan baju dijual, maka gantungan kawat jemuran ini adalah pilihan paling banyak dipakai masyarakat pedesaan.

cara pembuatannya juga gampang, buat tiang tiang kayu model huruf T dua set, kemudian dengan satuan jarak yang sama pasang paku di lengan tiang tersebut, biasanya 6 paku cukup. Pasang di kedua tiang, kemudian ikatkan kawat besi untuk dijadikan gantungan baju pada kedua tiang tersebut. Tarik dengan ketat, sudah, jadi deh jemuran baju dari kawat.

3. Bisa Dipakai Buat "Nambal" Properti Yang Rusak
Paku juga dapat digunakan untuk "Menambal" properti yang rusak, seperti kursi, meja, lemari, tempat tidur, rak sepatu, dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi sebenarnya fungsi paku di sekitar kita, hanya saja paku ini karna barang kecil jadi orang banyak ngerasa fungsinya biasa saja, kalau bagi saya sebagai penulis artikel ini, paku ini adalah barang yang luarbiasa hebat, mkn kalau gak ada paku perkembangan pembangunan tidak sepesat sekarang ini.

Out of the topic :
Istilah paku bukan hanya ada di dunia konstruksi saja, di bidang biologi juga ada istilah paku loh, ternyata ada tumbuhan yang disebut dengan tumbuhan paku, atau paku-pakuan.

Menurut Wikipedia : 
Tumbuhan paku, paku-pakuan, atau pakis-pakisan adalah sekelompok tumbuhan dengan sistem pembuluh sejati (Tracheophyta) tetapi tidak pernah menghasilkan biji untuk reproduksi seksualnya. Alih-alih biji, kelompok tumbuhan ini melepaskan spora sebagai alat penyebarluasan dan perbanyakannya, menyerupai kelompok organisme seperti lumut dan fungi.

Jadi jangan bingung yah kalau dibilang tumbuhan paku, bukan berarti tumbuhan nya terbuat dari paku, tetapi memang ada tumbuhan yang diberi nama tumbuhan paku yang diperkirakan memiliki spesies sekitar 12.000 jenis dan tersebar di seluruh dunia.

Out of the topic :
Di jaman sekarang, perkembangan dunia seni sudah sangat maju dibandingkan karya seni jaman dahulu, seni sudah berkembang pesat dan merajalela sejauh-jauhnya imajinasi manusia. Karya seni dapat diciptakan dari berbagai jenis komponen/sumber daya. Karya seni adalah dunia yang bisa disebut sesuatu yang bebas, tidak terikat kepada apapun, "Everything is possible" di dunia seni.

Hal ini juga lah yang menimbulkan muncul nya karya seni yang mahsyur dengan menggunakan paku besi sebagai bahan utama karya tersebut. Seorang seniman bernama Marcus Levine membuat berbagai jenis lukisan yang terbuat dari paku. Lukisan tersebut terlihat nyata seperti gambar sebenarnya, hanya dengan menggunakan paku. Info dan ilustrasi selengkapnya dapat anda baca disini http://pedas-banget.blogspot.co.id/2014/06/karya-seni-unik-yang-terbuat-dari-paku.html

Di bawah ini adalah salah satu contoh ilustrasi karya seni yang dibuat oleh Marcus Levine, yaitu gambar bibir di dinding yang terbuat dari paku.
karya seni dari paku
Karya seni dari paku
Ada juga seorang seniman yang sudah selama 30 tahun menggunakan paku sebagai bahan utama dalam setiap karya seninya. Dia adalah Bisbee, telah membuat karya-karya seni hebat yang layak diberikan pujian, beliau menggunakan paku untuk membuat karya tersebut. Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini :

Karya seni dari paku
Karya seni dari paku
Gambar di atas kami peroleh dari blog berikut http://ummuanis.blogspot.co.id/2014/11/mempersonakan-keindahan-karya-seni-dari.html, anda dapat menuju blog tersebut untuk melihat artikel selengkapnya tentang karya seni beliau.

Di samping kedua karya seni di atas, ada juga karya seni lain yang menggunakan paku sebagai bahan utama seni. Yuk kita lihat contoh ilustrasi di bawah ini, karya ini kami perloeh dari google.com :

Paku kayu lagi pacaran di taman, kayanya taman menteng nih hehe...
Duduk di taman
Paku kayu naik perahu dekat kali jodoh hahaha...
Naik Perahu
Naik Perahu
Paku kayu dibuat bermain catur, keren yah..paku aja mikir loh wkwk...
Bermain Catur
Bermain Catur
Ilustrasi seni di atas mengingatkan kita bahwa dunia seni itu sangat luas, tidak ada batasan baik ruang maupun waktu. Saya sendiri sebagai penulis blog sederhana ini menyadari bahwa dalam hal apapun sebaiknya kita berfikir seperti seniman ini, yang dapat menciptakan sesuatu tanpa mengenal batas yang merintangi.

Artikel ini dibuat untuk melengkapi penjelasan produk-produk besi yang ada. Semua gambar, kutipan atau tulisan di atas digunakan hanya untuk menambah penjelasan tentang paku saja, tidak ada maksud untuk memplagiat hak cipta yang dimiliki oleh penciptanya. Semoga artikel ini bermanfaat, kritik dan sarannya dapat disampaikan melalui email maupun kolom komentar.

Copy Rights : 
Semua gambar di atas diperoleh dari hasil pencarian gambar dengan kata kunci "karya seni paku" di google.com. Apabila gambar tersebut terkait hak cipta, segera hubungi kami untuk segera mengeluarkannya dari artikel ini, terima kasih telah berkunjung.

Baca juga : Harga kawat duri dan razor wire dan Harga besi beton bulan ini
Mengenal lebih detail 4 jenis paku di dunia konstruksi
4/ 5
Oleh
Add Comments