Harga besi baja tulangan beton SNI terbaru bulan ini

Harga besi baja tulangan beton SNI terbaru bulan ini

Pada umumnya orang mengenal besi beton sebagai bahan bangunan yang memiliki bentuk bulat panjang lurus.

Jika anda tidak kenal besi beton, jalan-jalan ke proyek pembangunan di sekitar, disana pasti banyak besi beton sedang parkir untuk digunakan atau tanya saja tukangnya besi beton yang mana, dia pasti akan menunjukkan.

Bicara fungsi, besi beton merupakan material/bahan pokok pada struktur beton bertulang. Ibarat makan, besi beton diibaratkan dengan nasi apapun lauknya nasi harus ada :).

Kalau makan gak pake nasi rasanya pasti ada yang kurang yah? demikian juga dengan besi beton, kalau gak ada besi beton, besi bertulang pasti tidak akan pernah ada..

Mengapa mereka menggunakan besi baja tulangan beton ?

Ada berbagai alasan, pastinya.

Mari kita bahas beberapa di antaranya tanpa melihat secara teknikal di lapangan seperti apa aktualnya.

Ini penting :

Untuk mengetahui alasan mengapa para engineer sipil menggunakan besi beton/besi baja tulangan sebagai media pokok dalam pembuatan beton, anda harus benar-benar memahami konsep dasar nya apa.

4 hal di bawah ini adalah alasan utamanya :

...keempatnya harus benar - benar anda pelajari sebagai informasi betapa besi baja tulangan beton ini memegang peranan penting dalam pembangunan struktur beton.

1. Bahan utama struktur beton bertulang
Besi beton terdiri dari dua jenis, yakni besi beton ulir dan besi beton polos. Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun besi beton ulir memiliki kekuatan lebih baik dari besi beton polos.

Besi beton merupakan komponen utama struktur beton bertulang seperti pembuatan kolom, sloof, balok, pondasi, dan plat.

2. Meningkatkan kemampuan beton terhadap gaya tarik
Beton memiliki sifat kuat terhadap tekanan tetapi lemah terhadap tarikan, namun besi beton seperti ini adalah bei beton yang tidak bertulang.

Namun dengan menggunakan tulang an pada besi beton, tentu akan menambah kekuatan beton terhadap gaya tarik.

3. Besi Beton Memiliki Dua Varian
Besi beton memiliki dua varian yakni polos dan deform. Besi beton polos umum disebut sebagai BJTP atau Baja Tulangan Polos dengan tegangan leleh 240 Mpa, sementara besi beton deform umumnya disebut sebagai Besi Tulangan Deform (BJTD).

4. Besi Beton Sudah Standard
Baja tulangan beton sudah distandarisasi oleh Pemerintah melalui SNI (Standar Nasional Indonesia), hal ini dibuat guna mempersempit peluang adanya produk Baja tulangan beton non Standar yang dikenal dengan istilah besi beton banci.

baja tulangan deformed

baja tulangan deformed


Harga besi beton berbagai ukuran bulan ini :

Harga diatas merupakan harga prakiraan dari pedagang besi beton, dan bisa berubah - ubah setiap hari. Harga ini diupdate terbaru bulan ini.
Harga besi baja tulangan beton SNI terbaru bulan ini
4/ 5
Oleh
Add Comments