Mutu Produk Besi Baja Indonesia dipengaruhi oleh 3 hal

Mutu Produk Besi Baja Indonesia dipengaruhi oleh 3 hal

Produk besi yang diproduksi oleh Indonesia saat ini memiliki peluang yang sangat besar di kancah dunia Internasional. Produksi besi Indonesia merupakan momenum yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia khususnya pemerintah. Karena momentum ini layak dimiliki oleh Indonesia yang dikaruniai Tuhan sumber Daya mineral besi melimpah di seluruh hamparan pulau - pulau di Nusantara ini.

Namun bagaimana kita memanfaatkan momentum strategis ini apabila produksi kualitas besi yang dihasilkan tidak memenuhi kriteria standar Internasional. Kriteria standar Internasional ini seharunya menjadi standar yang harus ditetapkan dan acuan yang harus dijalankan oleh setiap Industri besi di Indonesia.

Kalau bisa, jangan lah ada besi kawe kawe an, besi yang berkualitas no 2. masih mending no 2, tidak sedikit dijumpai dipasaran besi - besi yang berkualitas rendah alias kawe 5.

Kan lucu jadinya kalau kita menjual ke negara tetangga besi - besi dengan kualitas kawe, apa kata mereka, tentu produk besi Indonesia ini hanya dimanfaatkan oleh mereka yang kurang profesional, dan ini sangat bahaya menurut saya.

Opini saya terkait kualitas produksibesi Indonesia ini ada 3 hal, yang sangat mempengaruhi rendah tingginya kualitas besi yang di produksi di Indonesia yaitu :

1. FOKUS PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI DUKUNGAN PEMERINTAH

Pemerintah memegang peranan penting untuk peningkatan mutu produk besi Indonesia. Menurut pandangan saya, sudah saatnya pemerintah memiliki Special Team yang khusus bertugas melakukan "pengnteligenan" atau research and development.

Disamping memiliki Special Team, pemerintah juga secara aktif memberikan dukungan Financial maupun Dukungan regulasi untuk menjaga Special Team ini dapat bekerja maksimal untuk peningkatan mutu produk besi Indonesia.

2. PENINGATAN SDM YANG SELARAS DENGAN PERTUMBUHAN TEKNOLOGI

Sumber daya manusia yang belum memadai tentu akan menjadi penghalang tersendiri bagi Indonesia dalam meningkatkan produk - produk nya.SDM yang tidak mampu bersaing, dan tidak mampu melakukan atau memberikan kontribusi segar dalam peningkatan mutu, tentu akan memperlambat pertumbuhan kualitas produk besi Indonesia.

Diperlukan SDM yang kreatif, dan profesional !!!

3. KERJASAMA UNTUK PENINGKATAN MUTU TEKNOLOGI PRODUKSI

Kerjasama seharusnya adalah dasar dari pembentukan kekuatan yang besar bagi Negara Indonesia dalam menghasilkan mutu produk besi yang tinggi.

Jangan menutup kerjasama dengan negara tetangga, duta - duta besar Indonesia sudah selayaknya melakukan brain storming atau penjajakan teknologi di negara dia ditempatkan dan kemudian mengusulkan nya ke dalam Negeri untuk dijadikan referensi dalam upaya peningkatan mutu produk tadi.

Kerjasama melalui komunikasi yang proaktif tentu akan menjadi metoda baru untuk peningkatan mutu kualitas produk besi Indonesia.

Semoga mutu produk Indonesia semakin maju, khususnya produk besi baja seperti baja H - Beam dan lain - lain.

Penulis/MP. Sianturi
Mutu Produk Besi Baja Indonesia dipengaruhi oleh 3 hal
4/ 5
Oleh
Add Comments