Tips Merawat Floor Hinge Dengan Benar

Tips Merawat Floor Hinge Dengan Benar

Floor hinge merupaka alat bantu untuk menjaga stabilitas dan kekuatan dari daun pintu kaca. Saat ini semua pintu sudah menggunakan Floor Hinge ini pada umumnya ditempatkan di dalam lantai sehingga permukaannya akan terlihat sejajar dengan permukaan lantai.

Umumnya Floor Hinge ini berwarna Silver namun ada juga yang berwarna hitam. Digunakan pada pintu - pintu kaca, pintu tarik, bukan pintu geser. Mengapa menggunakan Floor Hinge ? Jawabannya adalah karena Floor Hinge ini tidak memberikan resiko kerusakan pada kaca. Bayangkan kalau pakai engsel pintu kayu, bisa jadi kaca pecah dan beresiko mudah retak.
Di atas adalah gambar engsel pintu kayu, engsel seperti ini kurang tepat digunakan untuk pintu kaca, tetapi menggunakan Floor Hinge, lebih flesible dan lebih mudah instalasinya.

Floor hinge merupakan engsel yang tertanam di lantai, untuk ilustrasinya dapat dilihat di bawah ini.
Floor Hinge
Floor hinge memiliki komponen mekanik di dalamnya, sehingga akan menjaga pintu tetap stabil dan tidak terayun secara berlebihan, apalagi digabung dengan door closer, tentu pintu akan tergaja lebih awet.

Komponen Floor Hinge

FH (Floor Hinge) memiliki komponen mekanikal yang sederhana sebenarnya, komponen nya bisa dilihat di bawah ini, komponen utamanya adalah dua spring yang menjaga hentakan ayunan pintu.

Komponen Floor Hinge
Permukaan atas ditutup dengan plat besi baja anti karat, pada bagian komponen utama diisi pegas yang berukuran tertentu disesuaikan dengan spesifikasi daun pintu. Sementara pada bagian bawah diwadahi dengan kotak yang terbuat dari besi.

Kedua per atau pegas ini akan memberikan gaya tarik dan gaya dorong yang akan memberikan keseimbangan sehingga ketika pintu di buka atau ditutup tidak akan memberikan efek langsung terayun jauh, namun akan tertutup dengan pelan - pelan, demikian juga saat membuka pintunya akan lebih sedikit bertenaga, karena tarikannya ditahan oleh per tersebut.

Berikut adalah contoh Video yang menunjukkan bagaimana floor hinge memberikan manfaat yang sangat baik bagi daun pintu kita, daun pintu menjadi aman dari benturan karena tertutup secara perlahan.



Merawat Floor Hinge Dengan Benar

Banyak sekali pintu kaca yang kita temukan sudah rusak alias floor hinge nya sudah aus atau sudah tidak memberikan efek apapun lagi, yang ada hanya fungsi pegangan doank, kalau fungsi menahan ayunan daun pintu sudah tidak ada.

Untuk menghindari ini tentu diperlukan perawatan ekstra pada floor hinge agar tetap berfungsi dan berjalan normal.

Cek Floor Hinge Secara Berkala
Tips merawat floor hinge pintu kaca :

1. Menjaga Floor Hinge agar tetap bersih dari cairan
2. kalau tarikan pintu sudah mulai ringan dan tidak memberikan perlawanan lagi maka sebaiknya dibuka dan dicek
3. Lakukan cek berkala pada Floor Hinge (Minimal 6 bulan sekali)
4. Lakukan penggantian komponen jika terjadi kerusakan setelah diperikasa

Tips diatas dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menjaga floor hinge tetap berfungsi dengan baik sehingga tidak merusak daun pintu kaca anda.
Tips Merawat Floor Hinge Dengan Benar
4/ 5
Oleh
Add Comments